Ramadhan di UK: Pengalaman Puasa 18 jam

puasa

 

Gan, tau ga!? Puasa tahun 2014 adalah puasa terpanjang selama ini yang pernah ane rasakan. Ga taunggung-tanggung, Gan, durasi puasa di Inggris kali ini berkisar antara 18 hingga 19 jam, hal ini disebabkan karena bulan Ramadhan jatuh pada pertengahan musim panas. Waktu subuh berkisar pada pukul 3 pagi dan waktu magrib atau buka puasa berkisar pada pukul 10 malam. Walaupun demikian udara pada musim panas ini cukup lembab sehingga sangat mendukung untuk berpuasa. Hauspun tidak terasa asalkan tidak melakukan olahraga yang ekstrim. Selain itu suasana keagamaan oleh komunitas Islam di Southampton membuat berpuasa menjadi sangat menyenangkan.

Kalau kita bandingkan, justru puasa di waktu musim dingin mungkin terasa lebih berat karena udara sangat kering, dingin, sehingga membuat tenggorokan sangat haus dan perut cepat lapar. Demikianlah keadilan yang dibuat oleh Allah s.w.t, perputaran evolusi bumi dengan sudut kemiringannya membuat puasa tidak selamanya berada di musim panas dan tidak selamanya di musim dingin; tidak selamanya puasa itu panjang, dan tidak selamanya puasa itu pendek; tidak selamanya bulan puasa itu kering dan bulan puasa itu lembab. Namun, tantangan apapun harus kita hadapi demi menempa diri, insyAllah Allah memberikan ridho-Nya kepada kita semua. Amin!

Alhamdulillah suasana agamis cukup terasa, terutama di lingkungan yang berdekatan dengan Islamic Centre atau masjid. Setiap sore ada iftar (buka puasa bersama) dan sholat magrib berjamaah dengan komunitas muslim dari berbagai negara. Makanan yang disajikan beraneka ragam, dari timur tengah hingga masakan Indonesia. Pizza dan fried chicken juga ada, Gan! Malamnya dilanjutkan dengan sholat isya’ , tarawih, dan sholat tahajud bersama lalu makan sahur kemudian sholat subuh. Hampir dikatakan tidak ada jeda untuk tidur sebelum sholat subuh.

Selain itu selama bulan Ramadhan, ada juga pengumpulan zakat fitrah dan shodaqah untuk Palestina dan Suriah. Setelah sebulan berpuasa, tiba saatnya hari kemenangan yang dinanti. Sholat Eid biasa diadakan di area terbuka halaman dalam Connaught Hall, Wessex, Southampton Student Hall. Acara lebaran 2014 kali ini cukup meriah karena dihadiri oleh lebih dari 600 orang. Makanan dari berbagai negara disediakan seusai sholat Eid. Fasilitas bermain anak juga disediakan, membuat anak-anak terlihat sangat gembira di hari raya.

Buat teman-teman yang ingin menjalani ibadah Ramadhan di Inggris tahun 2015 besok adalah puasa terpanjang karena bulan Ramadhan jatuh tepat pada pertengahan musim panas. Nah looo.. Tapi jangan khawatir Gan, Alhamdulillah bulan puasa juga bertepatan dengan musim liburan. Jadi ente-ente kalau mau ibadah sholat tarawih atau tahajud di masjid insyAllah tidak ada halangan.

 

Gibran Moha