PPI Southampton untuk semua

 

PPI Southampton memiliki jargon bahwa tidak hanya diperuntukkan bagi para pelajar yang sedang kuliah di Southampton, melainkan untuk semua orang Indonesia yang sedang menetap disana.

Saya sendiri pelajar Indonesia yang tinggal dan kuliah di Portsmouth. Kota Portsmouth kira-kira 1,5 jam jauhnya dari Southampton. Tidak banyak pelajar Indonesia yang kuliah di sana, akan tetapi keinginan untuk tetap berkumpul dengan sesama pelajar dari Indonesia, tentu tidak hilang. Sehingga kami di Portsmouth, kerap datang dan bergabung pada acara-acara yang diselenggarakan PPI Soton.

Bagi yang muslim misalnya, bidang kerohanian Islam di PPI Soton mengadakan pengajian rutin yang bisa diikuti oleh pelajar dan warga Indonesia yang tinggal di sekitar Soton, misalnya Portsmouth dan Bournemouth. Acara kumpul seperti ini paling menarik karna ada makanan rumahan yang dibuat oleh keluarga-keluarga Indonesia. Setelah acara tidak jarang kawan-kawan di Soton menawarkan kami untuk menginap di rumah-rumah mereka.

Sebagaimana pengalaman saya pada summer break, Juli 2014. Bertepatan perpustakaan di University of Portsmouth direnovasi sepanjang libur semester, padahal saat itu adalah masa-masa pengerjaan disertasi. Bisa dibayangkan kesulitan saya untuk mengakses buku-buku penunjang, apalagi beberapa buku memang akan jadi referensi saya.

Mendengar kesulitan ini kawan-kawan di Soton merekomendasikan agar saya menghubungi kampus untuk dibuatkan surat akses ke perpustakaan Southampton University, The Hartley Library. Mengikuti saran mereka, saya menghubungi perpustakaan kampus.

Ternyata umumnya perpustakaan kampus di UK, tergabung dalam The Society of College, National and University Libraries (SCONUL). Saya mengirimkan permohonan melalui http://www.sconul.ac.uk/sconul-access. Dengan email balasan dari SCONUL, saya menuju The Hartley Library.

Disana saya dibuatkan kartu pas perpustakaan dan diberikan kode pin. Bahkan laptop saya di-setting agar bisa mengakses internet melalui wifi perpustakaan dengan kode akses yang sama dengan yang biasa saya gunakan di kampus Portsmouth. Jadilah saya menggunakan fasilitas perpustakaan di Soton, selama beberapa hari untuk mengerjakan disertasi saya. Dan selama itu pula saya difasilitasi menginap oleh kawan-kawan PPI Soton. Benar-benar semua tercukupi. Fasilitas dari kampus plus fasilitas akomodasi dari kawan-kawan PPI Soton.

Jadi buat saya, PPI Southampton diperuntukkan bagi semua orang Indonesia di UK, pernah saya rasakan sendiri.

 

Mochammad FirdausĀ