Idul Adha di Southampton

Idul Adha tapi tidak pulang kampung dan berada di negeri rantau? Jangan kuatir, karena bakal ada cerita yang “beda” saat kamu berada di Inggris, tepatnya di Southampton.

Kalau kamu sering menyiapkan makanan untuk santapan esok paginya saat Hari Raya Idul Adha, maka disini pun demikian. Sepanjang malam para “sukarelawan” pun dengan penuh semangat menusuk daging-daging ayam dan sapi untuk dijadikan sate dan dibakar keesokan harinya. Dengan alunan takbir, tahlil, dan tahmid (meskipun hanya pakai YouTube, hehe), kami pun membuat sate satu per satu hingga beres demi esok hari yang lebih enak.

Sholat Ied tahun dilaksanakan di Sports Hall milik Southampton University Student Union atau yang sering disingkat SUSU. Selama proses sholat Ied tidak banyak yang berbeda dengan sholat Ied yang biasa dilakukan di Indonesia, namun yang cukup berbeda adalah ketika sholat Ied telah selesai: nampak semua orang saling berjabat tangan, berpelukan, bahkan foto bersama keluarga dan kerabat. Maklum saja, kebanyakan dari umat muslim di Southampton adalah pendatang berketurunan Arab, Malaysia, atau Indonesia.

Tentunya momen ini juga kami manfaatkan untuk kumpul bersama. Tidak hanya untuk umat muslim saja – siapapun boleh bergabung selama masih orang Indonesia, hehe.

Keluarga besar PPI Southampton pada tahun ini merayakan Hari Raya Idul Adha di kediaman Pak Malizar. Untuk para penduduk baru Southampton, tentunya acara ini sangat menarik karena selain dapat menikmati ratusan tusuk sate yang disiapkan semalam sebelumnya juga tersedia beberapa jenis hidangan khas Nusantara yang tentunya dirindukan oleh lidah-lidah kami.

Walaupun terdapat satu ritual yang tidak kami laksanakan yaitu penyembelihan hewan kurban (karena hukum yang berlaku tidak memperbolehkan menyembelih di tempat terbuka tanpa izin), namun suasana kekeluargaan yang tercipta di Hari Raya Idul Adha pun tetap terasa.

Tusuk sate sampai malam

Ramah tamah pasca Sholat Ied

Mejeng dulu sebelum makan-makan, hehe

Bergeser ke rumah Pak Dwi, kita mulai bakar-bakar sate

Menikmati berbagai hidangan Nusantara

Foto bersama keluarga besar PPI Southampton