Akhir Pekan di Southampton Common

Southampton Common adalah ruang terbuka hijau yang ada di Southampton. Menghabiskan akhir pekan mengeliingi area ini adalah salah satu pengalaman yang mengesankan. Banyak sudut yang menarik dari area ini. Selain itu kegiatan dapat dilakukan disini sangat bervariasi salah satunya adalah berolah raga. Setiap hari sabtu jam 9 pagi, ada komunitas pelari yaitu park run UK (http://www.parkrun.org.uk/) berkumpul dan mulai berlari bersama sejauh 5 kilometer disini. Ada pula penduduk yang berlari tidak bersama komunitas melainkan bersama kolega, keluarga atau bersama anjing mereka.

Komunitas Park Run mulai berlari

Kegiatan dijalankan oleh sukarelawan

Selain itu ada pemandangan luar biasa yang bisa ditemui disini. Pepohonan yang menggugurkan daunnya adalah hal lumrah di musim gugur seperti saat ini.

Deretan pepohonan yang dibelah oleh jalan menyajikan sensasi tersendiri selain udara yang terasa bersih. Beberapa danau disini juga ikut memanjakan mata dengan memberikan pantulan sinar matahari pagi.

Pepohonan yang meranggas

Cemetery Lake

Kawanan burung di Cemertery Lake

Southampton Common memang menjadi habitat bagi beberapa jenis pohon, burung dan serangga seperti capung. Karena itulah kumpulan angsa, bebek, dan merpati seringkali ditemui disini salah satunya di Cementery Lake.

Area ini juga menyediakan tempat untuk kehidupan baru yang dialami oleh kumpulan jamur di tanah yang lembab.

Kumpulan jamur

Terdapat pula Southampton Old Cementery di barat daya area ini.

 Old Cemetery

Southampton Common bagi sebagian orang mungkin tidak menarik tetapi untuk sebagian lainnya mungkin bisa dijadikan tempat untuk mereflesikan diri. Disini terdapat kehidupan yang baru dimulai, disaat yang bersamaan ada individu yang sedang berjuang mempertahankan hidup dengan menggugurkan daunnya. Kumpulan unggas yang mencari makan di pagi hari mengingatkan petuah lama: “bangun siang rejeki keburu dipatok ayam”.

Tetapi disini rejekinya terlebih dahulu dimakan angsa dan bebek! Lalu disini juga terdapat bagian yang mengingatkan kematian. Semua yang bermula pasti akan berakhir.

RPM