Review Akomodasi: St. Margaret’s House

oleh Andaru Katri Lasrindy

Fasilitas


Sewa kamar (2015/2016) £400.12/bulan (standard room), £603.68/bulan (studio room). Termasuk (gas, electric, water) bills, unilink bus pass setahun, 24 hour support and services, dan 24 hour security.Biaya

Alamat

6 Hulse Road, Southampton, SO15 2JX

Web

http://www.southampton.ac.uk/accommodation/halls/archersroadhalls.html

http://www.southampton.ac.uk/accommodation/halls/OurHalls.html

Deskripsi Fasilitas

St. Margaret’s House adalah 1 dari 3 hall yang termasuk dalam komplek Archers Road Halls. Penghuni St. Margaret’s adalah postgraduate students, sehingga hall ini relatif lebih tenang dibandingkan akomodasi univ lainnya. Terdapat 84 non-ensuite (standard) rooms dan 15 studio rooms di St. Margaret’s.

Satu flat (campur) terdiri dari 7 standard rooms, 1 shared bathroom, 2 WC, dan 1 shared kitchen. Walaupun kamar mandi hanya 1, hal ini tidak menimbulkan banyak masalah karena seiring berjalannya waktu kita bisa menyesuaikan waktu mandi flat mates; selain itu intensitas mandi tidak sesering di Indonesia. Ruangan shared kitchen cukup luas dan idealnya bisa digunakan untuk aktivitas memasak yang tenang hingga 3 orang, jika lebih lebih baik menunggu. Kelebihan dari shared kitchen adalah selain fasilitas yang memadai dan fire alarm yang cukup sensitif, kita jadi bisa berinteraksi dengan international flat mates yang terkadang juga suka memberi makanan khas negaranya. Studio room memiliki 3 ruangan, yaitu kamar tidur, dapur dan kamar mandi pribadi. Baik standard room maupun studio room, hanya boleh ditempati oleh 1 orang. Kebersihan fasilitas bersama untuk standard room disediakan oleh hall service, namun untuk studio room  menjadi tanggung jawab penghuni.

St. Margaret’s juga menyediakan common room dan games room untuk bersosialisasi dengan penghuni dari flat lainnya. Fasilitas komputer di computer room dapat dipakai siapa pun dan kapan pun, biasanya penuh di examination weeks, sangat berguna untuk keperluan print mendadak. Penghuni hall umumnya banyak mencuci saat weekend, biaya penggunaan washing machine adalah £2.5 dan £1 untuk dryer.

Aksesibilitas

St. Margaret’s terletak di antara Highfield Campus dan National Oceanography Center Southampton (NOCs). Bus stop terdekat dari St. Margaret’s dapat ditempuh dengan berjalan kaki 2-3 menit ke The Avenue. Jalan ini dilewati oleh U1 dan U2 bus. Perjalanan ke Highfield Campus berjarak tempuh sekitar 17 menit dengan U1A, 11 menit dengan U2B, dan 25 menit jika berjalan kaki. Sedangkan ke NOCs berjarak tempuh 38 menit dengan U1C dan 45 menit berjalan kaki. Letaknya yang tidak begitu dekat dengan tempat makan murah di Burgess Road terkadang membuat kita mager dan mengharuskan kita untuk memasak, sehingga walaupun biaya sewa St. Margaret’s lebih mahal dibandingkan private rented, kita dapat menabung dengan sering masak sendiri. Jika malas memasak, kita bisa membeli makanan di dekat kampus sebelum pulang. St. Margaret’s juga terletak di antara dua pusat perbelanjaan, dengan jarak tempuh 11 menit (U1A) ke Portswood dan 17 menit (U1C) ke City Centre. Hall ini juga sangat dekat dengan Southampton Common (taman) yang sangat tepat sebagai tempat pelarian di kala pusing akan tugas dan exams.